Artikel

Cara Mendirikan Perusahaan Kontraktor
Awal tahun, saat yang tepat bagi anda yang berkeinginan mendirikan perusahaan jasa kontraktor untuk mulai mengurus
Akte Pendirian, SKT dan SBU. Ketiganya merupakan syarat mutlak bagi perusahaan yang ingin mengikuti proses
pelelangan.
Berikut, kami akan berikan langkah kerja mendirikan perusahaan berbentuk CV.
Akte Pendirian, datangi notaris setempat dan utarakan keinginan anda untuk mendirikan perusahaan. Pilih dan jelaskan
bidang pekerjaan yang ingin anda cantumkan didalam akte pendirian perusahaan tersebut. Lantas beritahukan jenis
perusahaan yang akan anda dirikan, berbentuk CV atau PT. Karena kamin cuma akan menjelaskan perusahaan
berbentuk CV maka point dibawah ini dapat anda ikuti. Sayarat untuk dapat mengurus Akte Pendirian adalah, bukti
pembayaran PBB (Pajak Bumi dan Bangunan) tempat perusahaan itu beralamat dan berkantor nantinya.
Setelah NPWP telah anda dapatkan (berbentuk seperti KTP) maka anda perlu mengurus lagi PKP (Pengusaha Kena
Pajak ) masih di Direktorak Pajak Setempat. ini gunanya untuk dapat mengurus pembayaran pajak apabila anda
mendapat pembayaran (termin) dari pekerjaan yang anda lakukan.
Ingat ! setiap daerah mungkin memiliki beberapa persyaratan lainnya sebagai syarat kelengkapan administrasi
perusahaan jangan malu bertanya !
Sekarang anda telah dapat mengikuti pelelangan JASA PENGADAAN.
Urus surat SITU, SIUP, TDP, FISKAL dan SURAT PEMERIKSAAN ALAT PROTEKSI/PEMADAM KEBAKARAN di
pemerintahan setempat (kantor Walikota atau Bupati). Syarat mengurus surat ini adalah melampirkan kopian akte
notaris, pas photo dan cap perusahaan.
Untuk SIUP, anda akan ditanyakan apakah golongan usaha KECIL, MENENGAH atau BESAR. Pilih sesuai besar modal
yang anda miliki, ini akan menentukan dalam mengikuti pelelangan JASA PENGADAAN (ingat, bukan untuk JASA
PEMBORONGAN)
Setelah kesemuanya sudah anda dapatkan berkasnya, hal berikutnya yang mesti anda urus adalah NPWP (Nomor
Pokok Wajib Pajak) perusahaan di Direktorat Pajak setempat. Pengurusan NPWP dengan melampirkan kopi berkas
yang sebelumnya telah anda urus (poin 1 dan 2) atau tanyakan lagi dengan jelas syarat lainnya. Disini anda akan
mendapatkan
– Kartu NPWP
– SKPD (SURAT KETETAPAN PAJAK DAERAH)
– SURAT KETERANGAN TERDAFTAR
Kalo Jasa Pemborongan ?
Tentu belum !
Anda mesti melengkapi lagi dengan SKT (Surat Keterangan Tenaga Teknis ) dan SBU (Surat Badan Usaha).
Sebelum mengurus SBU, biasanya asosiasi tempat kita mengurus SBU akan menanyakan tentang tenaga teknis
perusahaan. Jika anda seorang direktur yang kebetulan memiliki ijazah teknik maka anda dapat sekaligus menjadi
tenaga teknisnya. (ini khusus untuk perusahaan yang berbentuk CV) dan jika anda bukan direktur dengan ijazah teknik
maka anda mesti mencari seseorang minimal tamatan STM untuk ditempatkan sebagai tenaga teknis diperusahaan
anda.
dimana mengurus SKT ?
Bisa langsung ke LPJK atau asosiasi profesi yang telah diakui oleh LPJK. Asosiasi itu antara lain di IAI-Ikatan Arsitek
Indonesia (khusus teknik arsitek), HAKI-Himpunan Ahli Kontruksi Indonesia (khusus teknis sipil), ATAKI (Asosiasi
Tenaga Ahli Konstruksi Indonesia (bisa teknik arsitek, teknik sipil, teknik lainnya dan Sekolah Kejuruan Teknik) dll.
Asosiasi ini merupakan badan sertifikasi.
Anda pilih mengurus SKT atau langsung SKA/KTA (khusus untuk s1 dan jenjang pendidikan diatasnya)
Selanjutnya anda dapat memilih sub bidang apa saja yang yang tercantum nantinya didalam sertifikat keahlian anda
(anda dimungkinkan memilih 3 sub bidang keahlian).
contohnya : perumahan, jalan dan drainase
syarat mengurus SKT atau SKA adalah ; kopi ijazah terakhir, pas photo dan mengisi formulir pendaftaran. (atau syarat
lainnya dapat ditanyakan langsung ke masing asosiasi profesi tersebut) dan anda mesti lulus ujian sertifikasi terlebih
dahulu.
Setelah anda memiliki, Akte Pendirian, Surat Izin dari Pemda, NPWP dan SKT/SKA maka anda dapat segera mengurus
SBU. Ada banyak asosiasi kontraktor seperti ; GAPENSI, GAPEKSINDO, GAPEKNAS, APBI dll silahkan anda pilih
asosiasinya sesuai dengan kriteria anda sendiri dan silahkan anda pilih sub bidang pekerjaannya (sesuaikan dengan
keahlian perusahaan anda). Persyaratan tambahannya adalah, neraca perusahaan

Maka lengkap sudah administrasi perusahaan anda. Anda dapat segera membeli koran yang berisi pengumuman
pelelangan atau melihat di papan pengumuman asosiasi atau instansi setempat atau anda dapat memasang telinga
lebar-lebar untuk mendengar bisik-bisik dimana instansi yang akan melakukan pelelangan !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s




%d bloggers like this: